Tips

10 Tips Mudah membuat Itinerary Wisata

Melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata harus terencana dengan baik. Salah satu bentuk perencanaan itu adalah itinerary atau jadwal perjalanan. Dengan itinerary kita bisa punya gambaran kegiatan selama di tempat tujuan nanti apa saja. Untuk itu kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar itinerary bisa dibuat dengan baik dan tak terlalu banyak perubahan.

Membuat itinerary gampang kok…ini dia tips-tips mudah membuat itinerary :

  • Menulis itinerary bisa di buku catatan atau di handphone. Mana yang lebih mudah aja..termasuk mudah mengeceknya saat perjalanan.
  • Tentukan budget atau biaya yang akan dihabiskan selama liburan yang sudah disesuaikan dengan kantong. Jangan gunakan kartu kredit secara berebihan hanya untuk memuaskan keinginan. Kalau perlu ya gak pake kartu kredit ya…tapi untuk perjalanan tertentu memang butuh sih kartu kredit.
  • Pilih transportasi yang sesuai dengan waktu dan budget. Transportasi yang dimaksud adalah transportasi mulai dari berangkat dan pulang serta transportasi selama di lokasi liburan. Termasuk bila ada yang harus menyewa kendaraan.
  • Pilih hotel strategis lokasi dengan harga terjangkau. Booking online bisa menjadi pilihan untuk memastikan perjalanan lebih aman dan nyaman. Meskipun ada juga yang lebih suka memilih ‘go show’ untuk urusan penginapan.
  • Cari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat wisata yang akan dituju, baik lokasi, akses transportasi, harga tiket masuk, kuliner khas, dan tempat yang bisa dijangkau dalam satu kali perjalanan.
  • Pilih waktu liburan yang tepat untuk Anda atau seluruh keluarga bila akan berlibur bersama keluarga.
  • Buat jadwal perjalanan yang realistis dan tidak menyulitkan diri sendiri dan travelmates Anda. Jadwal dibuat mulai dari berangkat, sampai di lokasi tujuan, dan jadwal harian memulai perjalanan hingga jadwal kepulangan. Misalnya akan mulai jalan jam 8 pagi atau jam 9 pagi, Anda bebas menentukan sesuai dengan kesiapan Anda berwisata. Bisa jadi Anda harus memulainya jam 4 atau jam 5 pagi bila memang harus demikian, contohnya kalau akan berwisata untuk menikmati sunrise di suatu lokasi.
  • Jadwalkan hal remeh tapi penting sebagai reminder, misalnya memindahkan file foto dari kamera ke laptop atau hal kecil lainnya yang akan sangat membantu perjalanan tetap menyenangkan.
  • Cek itinerary yang sudah dibuat setiap akhir perjalanan. Bila ada lokasi yang terlewat karena waktu tidak mencukupi, bisa dialihkan ke hari berikutnya dengan konsekuensi waktu kunjungan ke lokasi tersebut dipersingkat.
  • Jangan lupa… nikmati liburan Anda. Sebaik apapun itinerary yang dibuat..liburan akan menjadi sia-sia kalau tidak dinikmati..

Selamat menyusun itinerary ya…

13 thoughts on “10 Tips Mudah membuat Itinerary Wisata”

  1. aku udah expert banget nih mbak klo urusan bikin itinerary sesuka hati.. karena biasa jalan2 sendiri, biasanya itinerary aku fleksibel banget. bahkan biasanya aku sisipin tidur siang di itinerary aku. 😛

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *