Obyek Wisata Teknologi

Liburan Impian yang Sederhana

Tahun 2018 sudah berjalan hampir separuh perjalanan. Kalo ditanya punya destinasi impian nggak?Ya pasti punya lah ya…Tapi buat saya Liburan Impian itu bukan semata tujuannya aja..Tapi bagaimana mewujudkannya, ngapain aja di tempat liburan.. dannn..ini yang penting..dengan siapa 😀

Kalo bicara destinasi, saya sih tetep ya..masih pengen di wilayah nusantara. Ya karena Indonesia punya banyak banget tempat yang belum saya kunjungi dan keindahannya dijamin..negara lain gak punya. Jangankan ngomong destinasi di NTT, Papua, Maluku, Sulawesi. Hehhee Jawa Timur aja belum tamat. Apalagi searang dengan semakin menjamurnya desa wisata..wah..itu bikin kaki saya gatal beneran pengen jalan ke desa-desa wisata. Jadi selain ke destinasi favorit para turis mancanegara dan domestik, saya juga pengen mengunjungi  berbagai desa wisata, minimal yang di Jawa Timur.

Kenapa Desa Wisata? Karena saya melihat perkembangannya semakin baik, semakin banyak desa wisata yang muncul dan menonjolkan potensinya masing-masing. Bagusnya lagi, desa wisata hampir sepenuhnya dipegang oleh penduduk lokal. Sehingga banyak manfaat yang mereka dapatkan dari pariwisata. Income sudah pasti. Inovasi-inovasi untuk kemajuan desa wisata dan berbagai keterampilan bisa banget mereka dapatkan dengan menjadi desa wisata. Yang tadinya tidak tahu tentang bagaimana mengelola penginapan, setelah menjadi desa wisata penduduk jadi tahu. Yang tadinya hanya bergantung pada hasil pertanian, dengan dijadikan desa wisata banyak yang bisa dijadikan andalan pendapatan. Misalnya penginapan, persewaan kendaraan bebas polusi, menjadi tour guide, dll.

Kampong Kopi Gombengsari Banyuwangi (sumber gambar : Antara Jatim)

Itulah kenapa menjelajah desa wisata menjadi Liburan Impian saya tahun ini. Beneran gak usah jauh-jauh..karena banyak banget di Jawa Timur ini desa wisata yang belum saya datangi. Salah satunya desa wisata Gombengsari Banyuwangi. Desa yang berada di ketinggian antara 400-650 mdpl ini berhawa sejuk dan mempunyai potensi kopi. Jadilah warga disana menawarkan produk kopi termasuk cara pengolahan tradisionalnya sebagai atraksi wisata.

Banyuwangi juga punya desa wisata Osing Kemiren. Yang menjadi daya tarik disini adalah keunikan suku Osing dari sisi bahasa dan berbagai kearifan lokalnya.

Desa Wisata Osing (sumber gambar : Good News From Indonesia)

Belum lagi tempat wisata bertaraf internasional seperti G-Land , Kawah Ijen, termasuk bebagai kuliner yang menarik banget buat dicoba.

Untuk menuju kesana, ada berbagai alternatif pilihan. Lewat darat naik bis atau mobil pribadi, kalo saya dari Sumenep ya lumayan sih..bisa 10-12 jam an untuk bisa sampai Banyuwangi.  Naik kereta, bisa juga..yaaa lebih cepat dibanding naik bisa, sekitar 8 jam, dengan konsekuensi ya nyambung-nyambung. Selain itu ada pilihan praktis, naik pesawat. Mau langsung dari Sumenep-Banyuwangi bisa sih..tapi sepertinya jadal penerbangannya gak bisa nyambung. Pesawat dari Sumenep itu sekitar jam 12- jam 1 siang deh..Sementara jadwal Surabaya-Banyuwangi sekitar jam segitu juga..hehehe..Jadi kalo mau naik pesawat ya nyambung-nyambung juga..Tapi setidaknya dari segi waktu..itu yang tercepat.

Untuk mewujudkan liburan impian saya..tentu saya cari-cari dulu lah tiket pesawatnya. Cari tiket pesawat murah tuh sekarang emang gampang-gampang susah..Kalo rejeki..ya dapet yang murah..Semoga rejeki deh yaaa… Saya carinya di JD.id .Iyaaaa itu..yang ngetop banget dengan ke-ori-annya 😀 Makanya cari yang ori-ori aja deh ..Ternyata bisa pesan tiket pesawat juga hotel. Kirain Cuma barang-barang aja 🙂

Langkah pertama yang perlu dilakukan biar mudah pesan tiket pesawat di JD Flight, ya instal dulu donk..aplikasinya.. Ikuti petunjuk untuk mempunyai akun. Setelah urusan akun selesai, bisa pilih-pilih deh penerbangannya mau kemana aja..Cukup cari rute, tanggal, mau PP atau Sekali Jalan..udah..muncul deh pesawatnya apa yang cocok. Tinggal dibayar dengan berbagai metode pembayaran. Pilih aja yang paling mudah buat kita. Tinggal dibayar, tiket dikirim deh lewat email. Mudah kan?

Begitupun untuk JD Hotel, fitur pemesanan hotel yang memudahkan untuk mendpatkan tempat menginap sesuai budget dan selera. Semuanya ada kok di JD.id.. Kalo sudah lengkap semua, tiket, hotel, dan sangu…berangkaaattt… 😀

Semoga liburan impian ini menyenangkan yaa…ehhh terwujud ding.. 😀

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi*

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *