Obyek Wisata

NONTON DEVDAN SHOW

Devdan Show
Bagian luar theatre tempat Devdan Show berlangsung

Bali memang gak ada matinya ya..Budaya dan tradisi Bali selalu mempesona. Sejak dulu kala. Salah satu atraksi seni yang istimewa adalah Devdan Show. Tadinya saya gak terlalu tertarik untuk menonton Devdan Show. Tapi setelah melihatnya..waahh memang istimewa. Keren banget.

Devdan Show ini digelar di Bali Nusa Dua Theatre, Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Komplek ITDC, Bali. Devdan Show tidak berlangsung setiap hari, hanya Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Bali Nisa Dua Theatrenya ya memang kayak di bioskop gitu.

Boleh Dibaca Juga Nih.. Upacara Nyadar

Jadi saat saya datang ke lokasi, kan sudah gelap..ya karena shownya digelar jam 19.30-21.00 waktu setempat. Apalagi saya agak terlambat sampai disana. Begitu datang langsung masuk dan di panggung sudah ada atraksi. Petugas semua berpakaian tradisional Bali.  Mulai dari bagian tiket sampai penjaga di dalam theatre.

Di dalam theatre saya langsung digiring untuk menuju tempat sesuai yang sudah ditentukan. Lumayan agak kebawah. Mungkin hanya berjarak 3 bangku dari panggung. Panggungnya gak terlalu luas sih..

Devdan Show
Tarian Bali di awal pertunjukan

Atraksi yang sempat saya lihat berawal dari tarian Bali. Tari Kecak salah satunya. Saya ngeh kalau ini adalah semacam drama musical setelah ada 2 anak kecil yang menjadi tokoh seolah-olah tersesat di hutan dan menemukan kotak ajaib. Kotak harta karun itu berisi macam-macam benda khas nusantara. Jadi setiap akan berganti wilayah atraksi, muncul anak-anak itu dengan dialog berbahasa Inggris.

Wilayah yang tampil mulai Aceh, berbagai daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Tariannya perpaduan klasik dan modern. Bahkan ada yang berpadu dengan  acrobat dan tarian yang bergelantungan memakai sehelai kain.

Panggungnya yang gak terlalu luas (kelihatannya) .. dilengkapi juga dengan kolam kecil. Kolam dipakai saat ada tari hujan diikuti dengan guyuran air dari bagian atas panggung. Keren sih..

Oya..selama pertunjukan juga gak boleh motret atau merekam video (termasuk video call dan live IG story). Petugasnya gak brenti-brenti mengawasi dan menegur kalau ada yang ketahuan merekam. Tapi ya tetep aja..pada nyuri-nyuri..

Penonton boleh merekam pertunjukan hanya pas di bagian akhir aja. Ada juga tarian yang melibatkan penonton. Jadi penarinya (berkostum ala monyet) mendatangi bangku penonton dan mengajak penonton ikut menari di depan.

Setelah semua pertunjukan selesai..penonton langsung keluar theatre. Penonton bisa berfoto dengan para penari di bagian depan theatre. Tapi gak lama sih waktunya…jadi kalo pas rame ya bisa gak dapet jatah antrian.

Devdan Show
Pertunjukan trakhir yang boleh direkam

 

Devdan Show
Menunggu antrian foto dengan penari Devdan Show

Well..overall..acara ini keren banget. Hanya saja pada bagian Tari Saman menurut saya kurang pas..karena penarinya selang seling cowok cewek. Meskipun tariannya memang gak aseli Tari Saman dan memang sudah dimodifikasi..bagusnya sih tetap dimainkan cewek semua aja..atau cowok semua gituh.. 🙂  Selebihnya sih..okeee semua..spektakuler dan sesuai lah dengan harga tiketnya yang mulai ratusan ribu sampai jutaan.

 

14 thoughts on “NONTON DEVDAN SHOW”

  1. Aku paling suka tuh lihat tari saman, tapi selama ini yang aku lihat biasanya penarinya perempuan semua.
    Kesenian kaya gini harus terus dilestarikan ya, jarang2 anak sekarnag mau nonton pertunjukan tari.

  2. Woow…kak Di…
    Akutu gak paham sama dunia seni. Kalau nonton teater itu bakalan tetep paham atau harus baca alur ceritanya dulu yaa, kak Di…?

    Penasaran sama komentarnya anak-anak, kak..

  3. Wah, gak boleh merekam atau memfoto pas pertunjukan. Hanya boleh pas bagian akhir, pasti rasanya gimana ya, pengen mengabadikan momen tapi diawasi petugas, hihihihi.

    Mungkin dilakukan seperti itu biar pertunjukannya enggak kesebar di media sosial, biar tetap special dan istimewa. 😍😍😍

  4. Oh ini semacam pertunjukan budaya berbagai daerah gitu ya? Belum pernah nonton ini, soalnya belum ke Bali karena acara sendiri, selalu sama EO & pasti dipilihinnya tari kecak.

  5. Pas baca judul artikel ini, anganku sempat mengembara, “Kayak pernah baca di mana gitu tentang DevDan Show?”

    Aha, aku langsung ingat!
    Di postingan instagram

    Tempat ini hits banget ya, sering dikunjungi selebriti juga.
    Pasti mutu pertunjukannya, bagus banget!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *