Obyek Wisata

SAR KAMPONG, DESTINASI DIGITAL  DI MADURA

Destinasi Digital

Jaman udah semakin digital aja ya..Apa-apa serba digital. Destinasi pun dibuat digital, namanya jadi destinasi digital. Apakah maksudnya semua di destinasi tersebut tak berwujud, misalnya pembayarannya cashless atau pake scan QR hehehe. Nggak lah..destinasi digital  adalah salah stau konsep yang dikembangkan Kementerian Pariwisata untuk , meningkatkan jumlah wisatawan di Indonesia. Destinasi Digital merupakan destinasi yang popular di dunia digital alias dunia maya. Entah di Instagram, Facebook, Twitter, dan media social lainnya.

Konsep pariwisata destinasi digital sendiri intinya adalah melibatkan masyarakat sekitar lokasi, berkonsep tradisional, dll. Banyak hal unik yang diterapkan di berbagai destinasi digital yang umumnya berupa pasar kuliner dilengkapi spot selfie yang instagramable.

Beberapa destinasi digital yang sudah populer diantaranya Pasar Karetan Jawa Tengah, Pasar Pancingan NTB, Pasar Kaki Langit Jogjakarta, dll. Destinasi digital dikelola oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) masing-masing daerah.

Nah di tempat saya tinggal di Sumenep Madura, ada loh..destinasi digital. Namanya Sar Kampong (artinya Pasar Kampung). Letaknya di desa Batuan kecamatan Batuan kabupaten Sumenep.  Destinasi ini dikelola oleh Genpi Madura, yang berpusat di Sumenep.

Destinasi Digital

Oh ada ya Genpi Madura? Ada donk… 🙂 Genpi Madura dideklarasikan 26 Juli 2018 di STIEBA Madura Sumenep. Sumenep menjadi pusat dari aktivitas Genpi Madura (juga pusat pariwisata Madura), karena potensi pariwisata Sumenep yang memang luar biasa. Sumenep punya wisata alam, wisata sejarah, budaya, kuliner, dan jenis wisata lainnya yang komplit.

Sebagai pusat pariwisata di Madura, maka destinasi digital pertama di Madura dibuat di Sumenep. Sar Kampong baru diresmikan 28 November 2018 oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Saat pembukaan memang pasar ini belum 100% siap. Karena masih ada beberapa bagian bangunan yang selesai digarap. Tapi udah bisa banget lah dijadikan sarana berwisata. Video Soft Openingnya nih :

Sar Kampong berada di tengah kampung Palasa, dikelilingi rumpun-rumpun bambu yang membuat lokasi terasa rindang dan adem. Beberapa pedagang juga siap melayani pengunjung, mulai cendol, kelapa muda, nasi jagung, dll. Harga bersahabat lah ya…

Oiya, system pembayaran di Sar Kampong mirip dengan system pembayaran di destinasi digital lainnya. Pengunjung menukarkan uang dengan koin di konter penukaran. Koinnya bermacam-macam..ada 1000, 2000, sampai 20.000. Di dalam Sar Kampong pengunjung bebas membelanjakan apa saja dengan koin tersebut.

Boleh Dibaca Juga : Berburu Sunrise di Lawang

Panggung hiburan juga tersedia di tempat ini. Ya tentu saja fungsinya untuk acara-acara live yang dilengkapi music. Jadi sewaktu-waktu ada yang mau bikin event disini, Sar Kampong udah siap. Sarana parkir roda 4, roda 2, musholla dan toilet juga ada.

Nah kerennya lagi..disini ada wahana panahan. Mau main beregu atau personal..hayuk ajah. Mau bikin outbond disini juga bisa loh. Karena memang beberapa instansi sudah sering menjadikan Sar Kampong sebagai tempat event. Ada lomba permainan tradisional yang diadakan oleh Dinas Pendidikan kabupaten Sumenep, Outbond SDIT Al Wathoniyah Al Islamiyah, dll.

Destinasi Digital
Bermain panahan di Sar Kampong

Saya mengajak anak-anak ke Sar Kampong saat pembukaan, dan mereka seneng banget menemukan tempat dengan suasana tradisional yang unik. Jajanannya juga unik. Apalagi aksesnya gak susah. Saya masih bisa naik motor aja sama anak-anak.

Mudah-mudahan ya..destinasi digitalnya di Madura bisa bertambah lagi.

 

 

 

22 thoughts on “SAR KAMPONG, DESTINASI DIGITAL  DI MADURA”

  1. Aku belum pernah ke Madura. Sudah berkali-kali direncanakan gagal terus. Padahal cikal bakalku dari pihak bapak itu orang Madura. Semoga ada rejeki & kesempatan main ke tanah leluhur.

  2. belum pernah ke madura euy. pengen banget. di daerah asal saya (temanggung) ada yg mirip2 begini tp entah sudah masuk wisata digital atau belum. namanya pasar papringan

  3. Destinasi digital memang mnj pilihan. Dengan menyediakan spot2 wisata yang instagramable, promosi wisata mnj lbh cepat dan mudah. Potensi daerah pun bisa lbh tergarap.. Tfs mb… Besok kl berkesempatan ke Madura, mau mampir juga ah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *