Obyek Wisata

2 Tempat Liburan Asik di Kebun di Jawa Timur

Wisata edukasi sekarang semakin diminati loh.. Karenanya semakin banyak destinasi yang menawarkan sarana edukasi. Wilayah Jawa Timur mempunyai beberapa destinasi wisata alam edukasi yang keren.

2 destinasi diantaranya bisa dijadikan pilihan kalo kamu pengen berwisata sambil mendapat ilmu ya. Kita lihat yuk.. apa saja sarananya dan dimana kah 2 destinasi tersebut..

Coffee and Cocoa Science Techno Park

Coffee and Cocoa Science Techno Park Jember

Coffee and Cocoa Techo Park berada di kawasan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember. Sarana wisata alam edukasi ini diresmikan pada tahun 2016. Pengunjung bisa melihat langsung perkebunan kopi dan kakao dengan sarana kereta hias. Selain itu proses produksi cokelat juga bisa dilihat langsung oleh pengunjung.

Begitu sampai di tempat wisata ini gak kerasa kalau kita sedang berada di area perkebunan. Karena sudah ditata sedemikian apiknya. Yang membuat kita sadar kalau sedang di area perkebunan ya deretan pohon coklat dan kopi yang berbajajar sepanjang perjalanan mendekati kawasan ini.

Mengelilingi kebun dengan kereta memang mengasikkan..Kalo keliling kebun dengan berjalan kaki..waahh kebayang deh gempornya hehe. Meskipun ya perjalanannya teduh di bawah pohon-pohon randu yang sekaligus jadi naungan bagi pohon komoditi utama (kakao dan kopi).

Saat mengelilingi kebun ini kita bisa request ke pengemudi kereta untuk berhenti sejenak sekedar foto-foto..Jangan lama-lama ya…Karena kereta kita kan ditungguin wisatawan lain yang mau keliling juga…

Ingin mencicipi cokelat panas hasil olahan Puslit? Ingin bawa oleh-oleh bubuk kopi dan cokelat batang? Tenang..semuanya tersedia di Outlet. Bisa belanja kopi dan cokelat sepuasnya dengan harga terjangkau. Jadi setelah puas mengelilingi kebun, kereta akan berhenti di area pengolahan coklat, kemudian ke pusat oleh-oleh. Di pusat oleh-oleh ini kita bisa belanja macam-macam olahan coklat dan kopi.

Pengolahan Cokelat

Sarana penginapan juga tersedia dengan berbagai fasilitas. Jadi kalo kamu ingin kumpul keluarga sambil berwisata edukasi di kebun kakao dan kopi bisa menginap di area kebun juga.

Wisata Agro Wonosari

Factory Visit di Pabrik Pengolahan Teh

Nah kalo di kebun ini udaranya sejuk banget karena berada di kaki Gunung Arjuno. Pemandangan alamnya juga cakep banget.Wisata Agro Wonosari di kecamatan Lawang kabupaten Malang ini menawarkan edukasi produksi teh. Karenanya pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang rapi dan terawat.

Proses produksi teh di pabrik pengolahan juga bisa disaksikan langsung oleh pengunjung.

Kebun Teh di Wisata Agro Wonosari

Wisata Agro Wonosari juga dilengkapi berbagai wahana bernuansa petualangan. Ada flying fox, wall climbing, ATV, sepeda santai, dan yang menarik adalah sarana berburu sunrise di Bukit Kuneer. Di Bukit Kuneer inilah kita juga bisa memetik teh lengkap dengan pakaian ala pemetik teh asli. Seru pastinya..

Kedua destinasi tersebut selain keren, biayanya juga terjangkau. Rata-rata biayanya berkisar 20.000 an. Untuk naik kereta keliling kebun cukup merogoh kocek 10.000an per orang.

Sudah siap seru-seruan wisata kebun? Yuk.. biar sekalian menambah ilmu.

ReplyForward

66 thoughts on “2 Tempat Liburan Asik di Kebun di Jawa Timur”

  1. Itu bisa kiat carangolah cocoanya gak Mak? Hihi saya tu penasaran, di kampung sayabanyak banget cocoa tapi belum nmeu cara buat mengolahnya abar bisa dikonsumsi langsung.

  2. Hahahaha namanya jalan jalan di kebon ya pasti super duper luas ya.

    Aku pernah ke kebun kakao, ya gitu juga, tadinya sok Sokan pada jalan kaki, akhirnya nyerah naik motor mandor *tepok jidat*

    Bagus ini edukasi wisata namanya ya. Sekalian jalan jalan juga sekalian
    nambah pengetahuan. Jadi pengen coba ke kebun teh di Taiwan yang katanya terkenal baguuuusssss #eeeh

  3. Libur Lebaran kemarin ke Jatim tapi cuma sisi barat aja dari selatan ke utara balik ke selatan. Pengin lebih ke timur lagi mumpumg skrg tol udah nyambung kemana-mana.

  4. Aku pernah tuh main ke Renteng mbak, ehh Kopi Kakao Techno Park Jember, tapi pas itu masih belum dibangun beberapa infastruktur di dalamnya, tapi tetep seru, apalagi bisa keliling pakai kereta, ehehhee

  5. Duluuu pernah ke Wisata Agro Wonosari di kecamatan Lawang ini tapi gak sampai ke pabriknya. Seruu banget keliling kebun teh naik kereta odong-odong ( kalau di Yogya disebut kereta odong-odong).

  6. Di daerahku ada wisata Kebun Teh juga. Namanya Jamus. Pemandangannya hampir mirip seperti ini. ada agro wisata sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses produksi teh. Kalau kebun kopi, sih, belum ada. Kayaknya bakal seru ya, kalau bisa diakomodir kayak WIsata Agro Wonosari ini.

  7. Kalau ke wisata edukasi Coffee and Cocoa Science Techno Park masuknya gratis, kak Di?
    Aku suka cokelat, tapi asa beda sama C*dbury yaa…
    Eh, sebut merk boleh gak?
    Hihii…

  8. Meskipun tinggal di Jatim aku belum pernah mengunjungi kedua tempat wisata tersebut, hehehe. Kalau kebun teh wonosari mah sering lewat kalau ke Surabaya, hehehe. Jadi pengen mampir sama anak-anak

  9. Kebetulan aku mau ke Jember minggu depan, insya Allah akan mampir ke Puslit Kakao di atas. Sayang belum sempat waktunya untuk lanjut ke Malang, Semoga next time bisa mampir juga ke kebun teh Wonosari

  10. Kayanya penikmat kopi perlu mampir ke sini ya buat menikmati wisata edukasi dan mencicipi seduhan kopinya. Aku sudah lama banget pengen jalan ke Jawa Timur. Semoga dalam waktu dekat bisa terwujud.

    Kebun teh terlihat sejuk banget dsn emang menyenangkan loh bisa menikmati kesegaran udara di perkebunan teh.

  11. Wonosari ini yang kalau ke arah Malang ada di sebelah kiri jalan?
    Yang di Jember menarik juga nih, bisa belajar tentang kakao secara langsung. Itu edukasinya terbuka setiap hari? Ga harus dengan rombongan, kan?

  12. Pernah liat di tv yang wisata coklat itu. Pengen deh ke sana secara kan aku demen coklat hahaha… Ternyata tiket masuknya affordable banget ya mbak. Kece nih masuk list liburan.

    1. Wah, Jember ya. Aku catat ya tempatnya.
      Sekarang memang kebun nggak boleh hanya jadi sekadar kebun. Selain jadi tempat produksi, harus juga bisa mengundang pengunjung untuk datang dan belajar di kebun tersebut

  13. Wah asyik sekali ya.. oh ya mba, di kedua tempat ini utk ikut wisata edukasi ini apakah harus daftar dahulu / bisa langsung on the spot? Juga adakah batas minimal pesertanya?

      1. Sebagai turis yang pernah naik truk keliling kebun teh di Wisata Agro Wonosari, saya harus mengakui tempat itu butuh sarana transportasi internal yang lebih baik untuk bisa menjangkau lebih banyak pengunjung.

  14. Jadi per orang cukup bayar 30K udah wisata di kebun plus keliling2 naik kereta ya? Bagus nih wisata edukasi buat keluarga jadi ga bosen. Padahal ada pelajaran2 sains juga ya tapi karena menyenangkan jadi asik deh.

  15. Pengen banget ikutan trip blogger di Jember, sayangnya waktunya ngga pas, semoga tahun depan ada lagi bisa ikutan, penasaran dengan coffee dan cocoa ini anakku pasti senang kesana

  16. Bagus ya ada Agro Wisata seperti itu. Selain menambah pengetahuan juga bisa menyicipi hasil kebunnya Asyik…aku suka banget tuh coklat…apalagi coklat panas.
    Di sekitar Bandung sini adanya kebun stroberi dan kebun teh sih…

  17. Waaah pengen banget aku tuh menjelajah perkebunan kopi yang ada di Indonesia. Jadi pengen ke Coffee and Cocoa Science Techno Park. Kalau agrowisata Wonosari sih kemaren pernah kesana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *