Cerita Perjalanan

Trip Surabaya-Timor Leste : Perjalanan Naik Kapal Surabaya-Lombok

Perjalanan menggunakan sepeda motor saat ini banyak dipilih karena beberapa pertimbangan. Diantaranya untuk mengurangi interaksi dengan orang lain yang tidak dikenal dan mengurangi aktivitas di ruang tertutup. Pertimbangan lainnya adalah biaya lebih murah dan lebih fleksibel terhadap waktu perjalanan.

Ayok Jalan kali ini akan menuliskan perjalanan  dari Surabaya ke Perbatasan Timor Leste naik motor. Sepeda motor yang digunakan adalah Kawasaki Versys X-250. Start Surabaya Tanjung Perak-Lembar Lombok.

Persiapan Sebelum Naik Kapal

kapal surabaya lombok
Tempat Pembelian Tiket DLN Batu Layar dan Oasis

Persiapan kendaraan sudah pasti ya.. Mengisi Pertalite full tank dari Surabaya. Pembelian tiket dilakukan pada hari-H pemberangkatan. Berhubung pemberangkatan hari Jumat maka jadwal kapal hari itu adalah DLN Batu Layar. Rute Tanjung Perak-Lembar ini dilayani oleh 2 kapal yaitu Oasis, dan Batu Layar (Legundi sudah tidak melayani rute dari dan ke Tanjung Perak). Untuk Batu Layar dan Oasis tiketnya bisa dibeli di Jl. Perak Barat 201 Surabaya. Calon penumpang harus datang langsung untuk pembelian tiket. Harga tiket KMP DLN Batu Layar 240.000 (penumpang dan motor, kalau tanpa motor 87.000/orang) plus 30.000 untuk uang makan 2 kali (jadi masing-masing 15.000). Kalau gak pake makan bisa nggak? Bisa donk..Tinggal bawa bekal aja yang cukup atau mau jajan saat di kapal ya boleh aja. Untuk pembelian tiket hanya bisa dilakukan pada jam kerja,  09.00-17.00 WIB.

Layanan tiket kapal laut ini memang belum seperti tiket kereta atau pesawat dimana kita bisa pesan online jauh hari. Jadwal pun sangat mudah berubah. Biasanya jadwal kapal diupdate setiap akhir bulan untuk bulan baru berikutnya. Jadi memang harus rajin-rajin cek updating di media sosial Pelni, ASDP, DLN atau tanya by phone langsung ke nomer kontak yang tersedia di flyer ini ya (Jadwal Bulan Juni).

kapal surabaya lombok
Jadwal Kapal dan Kontak Person

Syarat saat pembelian tiket adalah menujukkan KTP dan hasil tes genose/antigen negative yang berlaku 3×24 jam. Tes bisa dilakukan di klinik lain atau di pelabuhan. Biaya tes di pelabuhan Genose 30.000.  Jadi kalau saat pembelian tiket tidak bisa menunjukkan hasil tes, akan diminta melakukan tes di pelabuhan (jaraknya 1 km-an) atau di klinik lainnya.

Karena jadwal kapal sangat bisa berubah sewaktu-waktu, pastikan kamu siap dengan tempat transit selama di Surabaya ya.. Bisa juga sih menunggu di area Pelabuhan, tapi kalau molornya sampai lebih dari 10 jam tentu akan lebih nyaman kalau istirahat dulu di penginapan, di rumah teman atau sodara.

Baca Juga : Wisata Kampung Pasir

Kapal terlambat biasanya karena beberapa factor, diantaranya faktor alam. Faktor alam yang dimaksud bisa karena ombak besar yang memperlambat laju kapal, bisa juga karena pasang surut air laut yang tidak memungkinkan kapal untuk langsung sandar saat tiba di pelabuhan. Faktor teknis bisa jadi penyebab keterlambatan juga, misalnya perbaikan pelabuhan yang mengakibatkan kapal harus menunggu giliran bongkar muat.

Masuk Kapal Batu Layar Surabaya-Lombok

kapal surabaya lombok
Pelabuhan Tanjung Perak

Kapal Batu Layar yang semula jadwalnya  sandar jam 18, ternyata baru sandar jam 11 malam. Jadi penumpang baru bisa masuk sekitar jam masuk jam 1 dinihari. Untuk penumpang dengan sepeda motor masuk lewat bagian barat pelabuhan dan masuk kapal lewat dek atas.

Setelah masuk kapal menunggu sekitar 1 jam setengah baru berangkat. Parkir kendaraan di de katas (lantai 2) dan penumpang langsung naik ke lantai 3. Di lantai 3 ini tersedia 3-4 barak yang bisa dipilih penumpang. Semuanya ber AC. Penumpang bebas pilih barak yang mana, dan bisa memilih matras tambahan untuk dipakai (gratis). Tapi ini siapa cepat dia dapat ya… kalau kurang gercep..ya pakai matras yang sudah ada di barak. Lumayan kok daripada gak ada kan.. 😉 Untuk toilet masih 1 lantai dengan barak, sedangkan musholla yang cukup luas tersedia di lantai 4.

Kapal Surabaya Lombok
Naik Kapal
Kapal Surabaya Lombok
Dek Bawah
Kapal Surabaya Lombok
Dek Kendaraan Kecil
Kapal Surabaya Lombok
Parkir Kendaraan Roda 2
Kapal Surabaya Lombok
Musholla
Kapal Surabaya Lombok
Barak Tempat Tidur
Kapal Surabaya Lombok
Barak di Lantai 3

Baca Juga : Monkey Forest

Perjalanan Surabaya-Lombok

Karena saat masuk kapal sudah dini hari pilihan terbaik tentu langsung tidur aja ya.. Kapal ini menuju Lombok melalui Laut Jawa. Jadi sepanjang perjalanan sinyal provider masih bisa dijangkau apalagi kalau pas duduk di lantai atas yang agak terbuka. Ingin menikmati sunrise?Bisa banget..tinggal naik aja ke lantai atas, dan pemandangan indah bisa kita nikmati. Sambil ngopi-ngopi asik juga ya …

Kapal Surabaya Lombok
Sunrise di atas kapal

Oiya jam makan pagi termasuk siang sih.. sekitar jam 10 pagi udah bisa ambil makan di resto di lantai 3 dengan menunjukkan kupon. Menu nasi rames gitu deh..  sudah plus air mineral kemasan gelas. Kalau jajan di kantin apa aja ya menunya? Kantin tersedia dengan menu seperti bakso, pop mie, soto, mie ayam dengan rata-rata harga 20.000 an. Pop mie aja termurah sekitar 15.000 an.  Menu makan selanjutnya bisa diambil sekitar jam 3 sore. Jadi masih ada beberapa waktu makan yang memang harus siap sendiri ya..entah jajan atau bawa bekal.

Kapal Surabaya Lombok
Playground
Kapal Surabaya Lombok
Cafetaria

Sekitar jam 1 dini hari kapal DLN Batu Layar Tujuan Surabaya-Lombok akhirnya sampai di pelabuhan Lembar. Gak sampe 24 jam ya.. Alhamdulillah ini kalau cuaca cukup baik, ombak bersahabat. Keluar kapal hanya menunggu giliran aja sekitar 30 menit.

Untuk Update Jadwal Kapal bisa pantau Instagram DLN

Berhubung AyokJalan harus segera sampai di Pelabuhan Kayangan Lombok, setelah keluar dari kapal langsung cuzz gaspol ke pelabuhan Kayangan. Sampai Jumpa di postingan berikutnya tentang Perjalanan Kayangan-Sape-Waingapu.

1 thought on “Trip Surabaya-Timor Leste : Perjalanan Naik Kapal Surabaya-Lombok”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *